DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% UNTUK PEMBELIAN MINIMUM 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 18 April 2019
Oleh: Natasha Tanga

5 Manfaat Menurunkan Berat Badan bagi Kesehatan

BACA JURNAL

Makanan olahan serta gaya hidup yang tidak aktif tentunya merupakan dua faktor utama penyebab kegemukan. Banyak orang yang tidak sadar dirinya mengonsumsi kalori lebih banyak dari yang diperlukan tubuh sehingga memicu obesitas dan kemudian timbulnya penyakit. Oleh karena itu, penting untuk memiliki gaya hidup aktif dan tetap menjaga kesehatan tubuh. Pada jurnal minggu ini, kami akan membahas manfaat yang dapat diperoleh dari usaha menurunkan berat badan. 

1. Mengurangi resiko diabetes

Kegemukan dan obesitas merupakan salah satu faktor utama penyebab diabetes tipe 2. Diabetes tersebut terjadi apabila tubuh berhenti memproduksi insulin yang cukup bagi keperluan tubuh. Berat tubuh berlebih mempengaruhi respon sel-sel tubuh terhadap insulin, karena lapisan lemak menghambat transportasi glukosa ke dalam sel-sel tubuh dan mengakibatkan tingginya kadar gula darah. Akan tetapi, diabetes tipe 2 dapat dihindari dengan usaha mengurangi berat badan dan menjaga berat badan dalam angka normal.

2. Menyeimbangkan kadar gula darah

Kadar gula darah yang tidak seimbang dapat menyebabkan banyak komplikasi kesehatan, terlebih jika Anda memiliki diabetes. Resiko penyakit jantung kronis, stroke, gagal ginjal, serta amputasi akibat gula menjadi lebih besar pada penderita diabetes tipe 2 akibat kerusakan pembuluh darah. Dengan membatasi konsumsi gula, melakukan olahraga rutin serta memiliki gaya hidup aktif, Anda dapat menurunkan berat badan, menjaga kadar gula darah agar tetap dalam batasan sehat dan terhindar dari resiko komplikasi.

3. Memperbaiki kesehatan jantung

Dua faktor utama timbulnya penyakit jantung adalah tekanan darah tinggi serta tingkat kolesterol yang tinggi. Riset menunjukkan bahwa akumulasi lemak dalam tubuh dapat melepaskan zat kimia ke dalam aliran darah, yang kemudian dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat hati memproduksi kolesterol jahat, atau biasa disebut LDL. Kolesterol jenis ini cenderung menumpuk pada dinding pembuluh darah dan mempersempitnya, sehingga resiko penyakit jantung dan stroke semakin meningkat. Oleh karena itu, penurunan berat badan dapat menjadi salah satu usaha Anda untuk meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskuler.

4. Kualitas tidur yang lebih baik

Individu yang mengalami obesitas cenderung memiliki kebiasaan mendengkur. Hal ini disebabkan oleh akumulasi lemak pada leher dan membatasi aliran udara saat tidur. Padahal, mendengkur memiliki resiko berbahaya, yaitu kondisi yang dinamakan sleep apnea. Dengan menurunkan berat badan, otomatis penumpukan lemak pada leher akan berkurang dan meminimalisir frekuensi mendengkur, membuat Anda dapat tidur lebih nyenyak dan terhindar dari resiko sleep apnea.

5. Meningkatkan mobilitas tubuh

Individu yang obesitas cenderung malas bergerak dan tidak seaktif individu yang tidak mengalami kegemukan. Tubuh yang berat tersebut juga dapat membuat kerja tulang penyangga serta sendi pada lutut dan pinggul semakin berat. Sekiranya beban yang disanggah lutut saat berjalan dan melakukan aktifitas yakni sekitar 3 hingga 6 kali berat tubuh. Dapat dibayangkan bagaimana kegemukan dapat mempercepat penuaan dan kerusakan pada sendi. Oleh karena itu, menurunkan berat badan merupakan salah satu solusi yang dapat diambil agar Anda terhindar dari resiko osteoarthritis serta rasa nyeri pada lutut, pinggul serta punggung.

OK
OK