DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% DENGAN MIN. PEMBELIAN 350K
EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 12 April 2019
Oleh: Natasha Tanga

7 Cara yang Dapat Anda Lakukan untuk Menghindari Kembung

BACA JURNAL

Kelebihan gas dan rasa kembung dapat mengganggu aktifitas Anda sehari-hari, tentunya karena hal tersebut membuat perut Anda terasa penuh dan tidak nyaman. Meski begitu, rasa kembung dapat diatasi dengan melakukan perubahan pada gaya hidup Anda. Berikut ini kami jabarkan beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari kembung.

1. Makan dengan jeda waktu teratur

Beberapa orang memiliki kebiasaan untuk melewatkan jadwal makannya, entah demi usaha menurunkan berat badan maupun hambatan waktu karena pekerjaan. Namun, hal ini sebenarnya dapat memicu terjadinya rasa kembung. Ketika perut anda kosong kemudian diisi dengan makanan dalam porsi besar, hal ini dapat menyebabkan kenaikan gula darah dan tingkat insulin secara mendadak, membuat Anda merasa kekenyangan dan kurang nyaman pada bagian perut. Apabila Anda memilih untuk mengonsumsi kopi setelahnya, hal ini dapat semakin memperparah keadaan karena kafein pada kopi dapat menambah rasa kembung. Oleh karena itu, makan dengan jadwal yang kurang teratur dapat berpengaruh kurang baik bagi sistem pencernaan serta metabolisme Anda. 

2. Perbanyak konsumsi serat

Serat banyak terkandung pada sumber makanan yang berasal dari tumbuhan, seperti sayuran dan buah-buahan. Ia membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan membuat anda merasa kenyang lebih lama karena sifatnya yang lama untuk dicerna oleh tubuh. Hal ini dapat membuat Anda terhindar dari rasa kembung. Selain itu, serat juga dapat membantu pembuangan racun dari dalam tubuh dan menghindarkannya dari penyerapan kembali.

3. Perbaiki kerja pencernaan setelah bangun pagi

Mulailah hari Anda dengan meminum air hangat yang dicampurkan dengan perasan lemon. Air hangat akan membantu menenangkan pencernaan Anda, sedangkan lemon dapat membantu kelancaran pencernaan. Tentunya, hal ini dapat membantu memperbaiki kerja pencernaan serta merehidrasi tubuh.

4. Menghindari makanan tinggi lemak

Meski lemak merupakan salah satu elemen krusial yang dibutuhkan tubuh, ia juga dicerna oleh tubuh dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat menyebabkan rasa kembung pada sebagian orang. Oleh karena itu, menghindari makanan berlemak dapat menjadi salah satu langkah untuk terhindar dari rasa kembung.

5. Menghindari konsumsi minuman ringan

Minuman ringan atau minuman bersoda seringkali menyebabkan sendawa maupun kelebihan gas dalamm tubuh. Karbon dioksida yang terkandung pada minuman ringan dapat menumpuk dalam saluran pencernaan dan kemudian menyebabkan rasa kembung.

6. Membatasi konsumsi kopi

Kopi meningkatkan produksi asam pada sistem pencernaan dan beresiko mengiritasi saluran pencernaan Anda; dua faktor yang menjadi pemicu kembung. Tidak mengonsumsi kopi menjadi solusi ideal, namun apabila anda termasuk individu yang tidak bisa hidup tanpa kopi, membatasi konsumsi satu cangkir kopi dalam sehari masih dapat membantu Anda terhindar dari rasa kembung.

7. Mengonsumsi jahe

Jahe telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi masalah pencernaan. Sebuah komponen yang terkandung dalam jahe, yakni gingerol, dapat mengurangi inflamasi dalam saluran pencernaan dan membuat pergerakan usus menjadi lebih rileks. Anda dapat mengonsumsi jahe dengan membuat teh jahe: iris tipis jahe, kemudian merebusnya selama 10 menit, dan hidangkan dengan menambahkan madu dan lemon jika perlu. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi jahe dengan suplemen alami. Rangkaian Relief Sari dari Herbana memberikan anda manfaat terbaik alam melalui produk Relief Sari Jahe Merah, yang diproses menggunakan ekstrak bahan-bahan alami, sehingga dapat meregulasi kesehatan pencernaan serta menghindarkan anda dari rasa kembung.

Relief Sari Jahe Merah

OK
OK