DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 10 May 2019
Oleh: Natasha Tanga

7 Alasan Mengapa Anda Mengalami Kesulitan Tidur di Malam Hari

BACA JURNAL

Tidur merupakan sebuah hal yang krusial dalam usaha menjaga kesehatan tubuh. Tanpa tidur, tubuh tidak dapat memperbarui sel-selnya serta membuang racun yang terkumpul. Oleh karena itu, anda merasa letih ketika tidak memperoleh tidur yang cukup. Namun, pernahkah terpikir mengapa anda mengalami kesulitan tidur? Pada jurnal minggu ini, kami akan menjelaskan beberapa alasan mengapa anda mengalami kesulitan tidur pada malam hari.

1. Jadwal tidur yang tidak konsisten 

Memiliki jadwal tidur yang konsisten dapat membantu tubuh untuk merasakan kantuk pada waktu yang teratur. Apabila anda memiliki masalah tidur, usahakan untuk bangun pada waktu yang sama setiap harinya, termasuk di akhir pekan dan hari libur hingga kebiasaan tidur anda membaik. Selain itu, tidur siang lebih dari 30 menit juga membuat rasa kantuk di malam hari berkurang drastis dan mempengaruhi keteraturan waktu tidur anda. 

2. Menggunakan alat elektronik sebelum tidur

Kebiasaan menonton TV maupun berkutat dengan smartphone tentu telah menjadi norma bagi banyak orang. Meski begitu, kebiasaan ini dapat mengganggu jadwa tidur anda. Ketika mata terekspos cahaya biru yang dihasilkan oleh alat-alat elektronik seperti TV, laptop, tablet, serta smartphone, otak akan mengirimkan sinyal agar anda terjaga. Selain itu, produksi hormon melatonin yang mempengaruhi rasa kantuk juga akan berkurang dan membuat anda kesulitan untuk tidur. Oleh karena itu, hentikan penggunaan alat-alat elektronik setidaknya 30 menit sebelum tidur.

3. Berolahraga terlalu malam

Kesibukan membuat banyak orang memiliki waktu yang berbeda-beda untuk berolahraga. Meski begitu, usahakan untuk tidak berolahraga terlalu larut karena dapat mempengaruhi metabolisme tubuh, meningkatkan detak jantung, serta berdampak pada kemampuan tubuh untuk beristirahat. Jika memungkinkan, berolahragalah di pagi ataupun sore hari agar tidak mengganggu rutinitas tidur anda.

4. Efek kafein

Hindari mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh, minuman soda, dan minuman energi pada malam bari. Kafein akan berada pada sistem tubuh selama kurang lebih 6 jam, oleh karena itu, dapat berdampak pada rasa kantuk.

5. Makan malam terlalu sedikit maupun terlalu banyak

Bagi kebanyakan orang, tubuh tidak dapat beristirahat ketika tengah mencerna makanan. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi makanan dalam jumlah besar saat makan malam dan berikan waktu setidaknya 2 jam sebelum anda pergi tidur. Mengatur kebiasaan makan malam anda pada waktu yang sama setiap harinya juga dapat membantu anda tidur lebih baik.

Selain itu, kebiasaan makan terlalu sedikit saat makan malam juga dapat menyulitkan anda untuk tidur dengan nyenyak oleh karena kadar gula darah yang rendah. Atur porsi makan malam anda agar kadar gula darah stabil hingga pagi hari. Anda juga bisa mengonsumsi snack jika dibutuhkan, kira-kira 1-2 jam sebelum tidur.

6. Keadaan kamar yang kurang mendukung

Suhu kamar yang tinggi dapat membuat anda terjaga semalaman. Oleh karena itu, kurangi rasa panas dengan memasang AC ataupun kipas angin untuk membuat kamar terasa lebih sejuk dan nyaman. Atur suhu yang pas untuk anda, karena suhu yang terlalu rendah juga dapat membuat anda kedinginan dan malah terjaga semalaman.

7. Stress

Alasan terakhir ini dapat menjadi salah satu alasan utama mengapa beberapa orang mengalami kesulitan tidur. Stress dan tekanan yang terjadi dalam kehidupan dapat membuat anda kekurangan waktu istirahat. Oleh karena itu, usahakan untuk mengurangi kebiasaan overthinking dan carilah kegiatan alternatif yang dapat mengurangi tingkat stress anda, agar lebih mudah untuk beristirahat di malam hari. 

OK
OK