DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 28 May 2019
Oleh: Natasha Tanga

5 Langkah Praktis Untuk Mengontrol Emosi Anda

BACA JURNAL

Bukan sebuah rahasia bahwa kestabilan emosi dapat mempengaruhi kesehatan jasmani anda. Rasa marah maupun frustrasi yang anda alami dapat membuat anda jatuh sakit dan menghambat aktivitas. Oleh karena itu, penting untuk mengendalikan emosi dan memperbaiki tingkat kesehatan tubuh. Pada jurnal minggu ini, kami akan menjelaskan beberapa kebiasaan yang dapat dilakukan untuk mengontrol emosi anda.

1. Ambil waktu untuk berhenti sejenak

Ketika anda merasa kesal dan ingin meluapkan kemarahan, penting untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berhenti sejenak dan memikirkan respon anda. Hal ini dilakukan untuk menghindari drama maupun kejadian yang tidak diperlukan serta membuat anda tidak mengucapkan hal-hal yang kemungkinan dapat anda sesali.

2. Mempraktekkan beberapa teknik relaksasi

Mempraktekkan teknik relaksasi sederhana dapat membantu anda mengurangi ledakan emosi dalam diri. Jika anda terbiasa melakukan hal ini, maka akan lebih mudah bagi diri anda untuk menahan diri dan dapat berpikir lebih jernih.

Beberapa orang menyukai aromaterapi yang dapat membuat mereka rileks. Kebiasaan lain yang dapat anda lakukan yaitu dengan mendengarkan musik yang menenangkan, sehingga anda dapat menghadapi masalah dengan kepala yang lebih dingin dan reaksi yang tidak berlebihan.

3. Berolahraga secara rutin

Selain memiliki fungsi untuk menyehatkan tubuh, olahraga teratur juga dapat memberikan manfaat bagi kestabilan emosi anda. Bahkan, olahraga merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk meredam emosi serta menyalurkan stress yang anda miliki. Hormon endorfin yang berfungsi membuat tubuh lebih rileks dan menurunkan tingkat stress. Meski begitu, jangan paksakan diri anda untuk berolahraga lebih intens sebagai pelampiasan emosi anda, karena hal ini dapat berpengaruh kurang baik bagi kesehatan jantung.

Konsistensi merupakan kunci agar efek baik yang ditimbulkan oleh olahraga terlihat pada perubahan sikap anda. CObalah untuk berolahraga 3-4 kali seminggu untuk hasil yang signifikan.

4. Mengonsumsi makanan yang tepat

Seperti yang telah diketahui, mood dan kerja otak seringkali terpengaruh terhadap makanan yang anda konsumsi. Oleh karena itu, makanan olahan dan fast food memiliki efek yang kurang baik bagi performa otak karena mempengaruhi jumlah bakteri baik yang ada dalam sistem pencernaan. Bukan hal yang aneh apabila anda merasa gelisah atau moody setelah mengonsumsi makanan tersebut. 

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki moodswing serta kestabilan emosi anda adalah dengan mengonsumsi makanan kaya gizi, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, sumber protein, biji-bijian, serta sumber lemak baik. Anda juga sebaiknya menghindari diet ekstrim maupun diet-diet lainnya yang dapat mengganggu kondisi tubuh, karena keadaan lapar juga dapat meningkatkan ketidakstabilan emosi dalam diri anda.

5. Cobalah untuk mencari jalan keluar dari masalah anda

Alangkah lebih baik apabila anda mencoba mencari solusi dari permasalahan yang anda hadapi dibandingkan dengan hanya menyalurkan rasa marah kepada hal-hal yang kurang produktif. Penting untuk disadari bahwa beberapa hal akan selalu berada diluar kendali anda, dan tidak ada yang dapat dilakukan untuk mengubahnya. Dengan menyadari kemampuan anda dalam menghadapi masalah, anda dapat mengatur langkah-langkah untuk membuat kemajuan dan mencapai solusi yang terbaik.  

OK
OK