DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% UNTUK PEMBELIAN MINIMUM 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 22 April 2019
Oleh: Natasha Tanga

7 Alasan Mengapa Tidur Berperan Penting Bagi Kesehatan

BACA JURNAL

Tubuh manusia butuh tidur agar dapat berfungsi dengan baik karena saat beristirahat malam, waktu tersebut digunakan tubuh untuk memperbaiki sel-selnya. Kekurangan tidur dapat mempengaruhi kerja otak serta bagian tubuh lainnya, dan dapat menyebabkan penyakit apabila dilakukan dalam periode yang berkepanjangan. Oleh karena itu, kekurangan tidur sebaiknya dihindari. Good Night, salah satu rangkaian produk Balance Madia dari Herbana, memiliki fungsi yang mendukung kebiasaan tidur sehat. Dibuat dari bahan-bahan alami, ia membantu anda tidur lebih nyenyak tanpa efek samping yang mungkin timbul apabila anda mengonsumsi pil tidur. Selain itu, pada jurnal minggu ini kami akan membahas beberapa alasan mengapa tidur merupakan elemen yang penting untuk menjaga kesehatan anda.

1. Membantu kerja otak

Pernahkah anda merasakan sulitnya berkonsentrasi ketika anda kurang tidur? Ini merupakan cara otak unuk memberikan sinyal pada anda bahwa tubuh memerlukan istirahat yang cukup. Kurang tidur dapat mengakibatkan kerja otak yang lebih lambat dan kesulitan mengingat serta masalah konsentrasi. Di sisi lain, riset menunjukkan bahwa memperoleh tidur yang cukup pada malam hari dapat meningkatkan kemampuan otak untuk menyerap informasi, yang tentunya berguna bagi produktivitas anda sehari-hari.

2. Memperbaiki kesehatan kulit

Ketika anda tidur di malam hari, sel-sel kulit akan mengalami perbaikan dan pembaharuan yang membuat wajah terlihat lebih segar di pagi hari. Nyatanya, apabila anda kekurangan tidur, bukan saja wajah anda akan terlihat lelah, tapi tanda-tanda penuaan juga akan lebih cepat muncul. Oleh karena itu, usahakan untuk mendapatkan istirahat yang cukup setiap malam agar kesehatan kulit tetap terjaga.

3. Mengurangi resiko diabetes

Riset menunjukkan bahwa kekurangan tidur juga dapat meningkatkan resiko anda terhadap diabetes tipe 2. Ghrelin, hormon yang mengontrol rasa lapar, meningkat saat anda kurang tidur. Sedangkan leptin, hormon yang menahan rasa lapar mengalami penurunan. Itulah sebabnya anda merasa lebih ingin makan makanan manis dan berkalori tinggi setelah mengalami kekurangan tidur pada malam sebelumnya. Nafsu makan yang meningkat ini dapat memberikan tambahan kira-kira 300 kalori sehari dan tentunya juga mempengaruhi tingkat gula darah. Perlu diketahui, kekurangan tidur juga dapat mengurangi kadar insulin yang dikeluarkan tubuh. Hal ini menyebabkan glukosa tidak dapat dicerna secara efektif.

4. Membantu menjaga berat badan

Tidur cukup memang tidak membuat anda kurus, namun tentunya dapat mengontrol nafsu makan (seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya) yang dapat berpengaruh pada kestabilan berat badan anda. Dengan membiasakan diri memperoleh istirahat cukup setiap malam, anda bisa terhindar dari resiko obesitas, diabetes, serta gangguan kesehatan lainnya.

5. Membantu mengurangi stress

Jika anda kekurangan tidur, tubuh akan bereaksi dengan memproduksi hormon kortisol berlebih, yang menyebabkan anda lebih sensitif dan moody. Agar anda memiliki emosi yang lebih stabil, cobalah membiasakan diri untuk tidur cukup.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ketika anda tidur di malam hari, sistem imun memproduksi substansi bernama cytokines yang berfungsi untuk melawan penyakit yang berasal dari virus maupun bakteri. Cytokines juga membantu anda tidur lebih lelap dan melawan penyakit secara efektif.  Oleh karena itu, apabila anda kekurangan tidur, maka sistem imun tubuh akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyembuhkan anda dari bakteri maupun virus yang menyerang.

7. Menyeimbangkan tekanan darah dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler

Rutinitas tidur yang cukup dapat membantu anda mengurangi stress serta resiko penyakit kardiovaskuler seperti stroke maupun penyakit jantung. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebabnya, akan tetapi dapat dihindari dengan istirahat yang cukup, karena hal tersebut membantu tubuh lebih rileks dan terhindar dari stress.

OK
OK