DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% UNTUK PEMBELIAN MINIMUM 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 29 April 2019
Oleh: Natasha Tanga

5 Langkah Untuk Mengatasi Kecanduan Gula

BACA JURNAL

Seperti yang banyak diketahui, mengonsumsi terlalu banyak gula jelas bukan kebiasaan yang menyehatkan. Akan tetapi, tahukah anda bahwa kebiasaan mengonsumsi gula dapat berujung kepada kecanduan yang berbahaya? Banyak riset menunjukkan bahwa konsumsi gula dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan diabetes, obesitas, penyakit kardiovaskuler, serta penyakit lainnya. Oleh karena itu, pada jurnal minggu ini, kami akan membahas beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kecanduan gula.

1. Mengonsumsi sarapan yang seimbang

Tidak melewatkan sarapan dan mengonsumsi makanan bernutrisi saat sarapan mengkondisikan tubuh anda untuk memilih makanan yang sehat selama seharian penuh. Di sisi lain, mengonsumsi sarapan yang penuh gula, seperti sereal, membuat tekanan gula darah tidak seimbang dan menyebabkan keinginan untuk menyantap makanan manis lebih sering. Oleh karena itu, pastikan sarapan anda terdiri dari karbohidrat, serat, serta protein.

Mengonsumsi protein membantu menyeimbangkan kadar gula darah anda dan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Ikan dan ayam merupakan sumber protein rendah lemak yang dapat membantu anda mengontrol keinginan mengonsumsi makanan manis. Selain itu, mengonsumsi lemak juga penting untuk menghindarkan anda dari keinginan mengonsumsi gula karena lemak memperlambat absorpsi gula dalam tubuh. Hal ini membantu kadar gula dalam darah tetap seimbang dan keinginan anda mengonsumsi gula menjadi berkurang.

2. Perbanyak konsumsi makanan alami

Langkah lain yang dapat dilakukan untuk menghentikan kecanduan gula adalah dengan mengurangi konsumsi makanan olahan dan memperbanyak konsumsi makanan alami. Dengan mengurangi konsumsi gula dan menggantinya dengan sayuran maupun buah-buahan, karbohidrat dan serat yang terkandung di dalamnya dapat membuat anda merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama, sekaligus menjaga keseimbangan gula darah. 

3. Jauhi makanan olahan dan gula buatan

Batasi konsumsi camilan maupun makanan olahan lainnya, serta menghentikan konsumsi gula buatan agar anda dapat terhindar dari kecanduan gula. Riset menunjukkan bahwa penggunaan gula buatan justru menambah resiko obesitas, sekaligus membuat anda semakin kecanduan pada gula. Minum Relief Sari Kayu Manis setiap hari untuk menjaga level gula darah Anda.

Relief Sari Kayu Manis

4. Konsumsi air yang cukup

Karena air mencakup sebagian besar dari tubuh manusia, banyak proses yang terjadi dalam tubuh tergantung pada seberapa banyak air yang anda konsumsi. Dehidrasi kronis tidak hanya dapat meningkatkan dependensi anda pada gula, namun juga dapat memperlambat metabolisme dan membuat tubuh lebih mudah menyimpan lemak. Oleh karena itu, pastikan anda meminum setidaknya 6-8 gelas air sehari dan menghindari minuman manis sebisa mungkin.

5. Peroleh tidur yang cukup dan jaga tingkat stress anda

Keinginan mengonsumsi gula juga tergantung pada pola tidur anda. Tidur yang cukup mengoptimalkan tingkat energi, mengurangi nafsu makan dan keinginan makan makanan manis. Ketika tubuh anda lelah, hormon ghrelin yang meningkatkan nafsu makan meningkat dan hormon leptin menurun. Hal ini dapat membuat anda merasa membutuhkan makanan manis untuk menambah energi.

Apabila anda tidak memiliki jadwal rutin dalam beristirahat maupun tidak memperoleh tidur yang cukup, mood serta tingkat stress anda akan terpengaruhi. Tubuh akan melihat gula sebagai salah satu solusi untuk menurunkan rasa khawatir dan stress. Oleh karena itu, pastikan anda mendapatkan waktu tidur selama 8 jam sehari agar terhindar dari stress dan keinginan mengonsumsi makanan manis.

OK
OK