DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% DENGAN MIN. PEMBELIAN 350K
EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 20 August 2021
Oleh: Natasha Tanga

5 Rutinitas Pagi yang Bermanfaat Untuk Meningkatkan Imunitas

BACA JURNAL

Tubuh manusia merupakan sebuah sistem kompleks yang dapat berfungsi dengan efektif apabila dipelihara dengan baik, termasuk sistem imun. Daya tahan tubuh tentunya penting untuk menjaga tubuh tidak mudah terserang penyakit, terutama di tengah masa pandemi ini. Meskipun tidak ada cara instan untuk memperkuat daya tahan tubuh anda, ada hal-hal yang dapat dilakukan secara teratur untuk menjaga imunitas tetap terjaga. Pada jurnal minggu ini, kami akan menjelaskan beberapa tips yang dapat anda lakukan di pagi hari untuk menjaga daya tahan tubuh selalu optimal.

1. Bangun lebih awal

Selain dapat membantu anda mendapatkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaan, bangun pagi juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Riset menunjukkan bahwa orang-orang yang bangun lebih pagi cenderung tidur lebih awal, dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Kualitas tidur merupakan hal yang penting dalam menentukan tingkat imunitas, daya ingat dan konsentrasi, serta memperbaiki mood. Mereka yang mendapatkan jam tidur lebih sedikit cenderung mengalami penurunan daya tahan tubuh, peningkatan resiko penyakit kronis, hingga mengalami gangguan hormon.

2. Memulai hari dengan mengonsumsi 2 gelas air putih

Menjaga hidrasi tubuh penting agar terhindar dari dehidrasi serta untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum. Tinggal di negara tropis seperti Indonesia tentunya membuat hidrasi semakin penting agar tubuh dapat menjaga suhu tubuh tetap stabil meski udara panas dan lembab. Oleh karena itu, para pakar menyarankan untuk setidaknya mengonsumsi 8 gelas air setiap harinya, dan memulai hari anda dengan meminum 2 gelas air sebelum sarapan. Hal ini dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, sekaligus membantu membuang racun yang telah diproses tubuh di waktu tidur.

3. Selalu konsumsi sarapan

Bukan merupakan sebuah rahasia bahwa sarapan adalah salah satu kebiasaan utama di pagi hari yang tak boleh terlewatkan. Makanan yang anda konsumsi saat sarapan menjadi bahan bakar anda memulai hari, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk tidak melewatkan sarapan dan memilih jenis makanan yang hendak dikonsumsi. Buah-buahan dan oat, misalnya, dapat menjadi salah satu pilihan ideal untuk sarapan karena kandungan serat yang cukup tinggi. Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi protein, seperti telur, untuk membuat anda kenyang lebih lama. Beberapa studi menunjukkan bahwa orang-orang yang kekurangan nutrisi dari makanan yang dikonsumsinya cenderung memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah dan lebih rentan terserang penyakit yang disebabkan virus maupun bakteri. Oleh karena itu, pastikan anda tidak melewatkan sarapan dan selalu mengonsumsi makanan bernutrisi setiap paginya.

4. Berolahraga di luar ruangan

Salah satu rutinitas yang tengah populer saat ini adalah berolahraga. Situasi WFH (work from home) saat pandemi yang membatasi mobilitas banyak orang tentunya membuat aktifitas fisik semakin sedikit. Oleh karena itu, tak jarang yang memilih untuk berolahraga demi menjaga kesehatan tubuh. Berolahraga di luar ruangan pada pagi hari juga menjadi salah satu pilihan yang paling ideal, mengingat sinar matahari dapat memberikan Vitamin D bagi tubuh yang penting untuk meregulasi waktu tidur anda, menjaga imunitas serta kesehatan tulang.

5. Mengonsumsi suplemen yang dibutuhkan

Terakhir, mengonsumsi suplemen dapat anda lakukan apabila ingin meningkatkan asupan nutrisi yang belum ataupun kurang didapatkan dari makanan yang anda konsumsi. Situasi pandemi ini menuntut kita untuk selalu menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat dan terhindar dari serangan virus ataupun bakteri. Oleh karena itu, suplemen yang beredar di pasaran dapat menjadi opsi untuk anda. Apabila pilihan anda jatuh pada suplemen alami, Herbana memiliki Immune Booster Pack yang terdiri dari Relief Sari Meniran, Relief Sari Jinten Hitam, dan Relief Sari Kulit Manggis yang cocok untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Diproses dari 100% ekstrak tumbuhan herba alami, suplemen ini cocok untuk dikonsumsi setiap hari tanpa efek samping yang berarti.

OK
OK