DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% UNTUK PEMBELIAN MINIMUM 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 13 March 2020
Oleh: Jess Rahardjo

5 Langkah Mudah untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

BACA JURNAL

Selama 3 bulan terakhir, melindungi tubuh anda dari paparan virus seperti COVID-19 telah menjadi prioritas banyak orang. Hal ini disebabkan karena belum tersedianya solusi medikasi penyakit tersebut, kecuali jika anda menjaga kebersihan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Hal tersebut sebaiknya menjadi perhatian utama anda untuk melindungi diri dari virus. Pada jurnal minggu ini, kami akan menjelaskan beberapa langkah mudah yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Jaga kebersihan tubuh

Kegiatan sehari-hari memaksa anda untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar, termasuk benda mati dan orang-orang di sekitar anda. Oleh karena itu, penting untuk melakukan langkah preventif dengan mencuci tangan anda sebelum menyentuh wajah, mengonsumsi makanan, setelah batuk dan bersin, menggunakan kamar kecil, serta setelah menyentuh permukaan benda umum. Meski begitu, jangan juga terlalu sering mencuci tangan karena dapat menyebabkan gangguan kulit pada tangan. Selain itu, penting untuk mengeringkan tangan setelah mencucinya, karena permukaan yang basah atau lembab juga dapat menjadi cara transmisi virus.

2. Konsumsi makanan bergizi

Menjaga dan membangun imunitas tubuh mengharuskan anda untuk mengonsumsi makanan bergizi. Misalnya, makanan kaya antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran penting untuk membantu membasmi radikal bebas yang dapat mengurangi imunitas tubuh. Mengonsumsi karbohidrat kompleks, protein, serta lemak sehat dapat membantu produksi sel baik dan membangun daya tahan.

Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih secara rutin untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh agar sel-sel dapat berfungsi dengan baik dan membantu tubuh membuang toksin.

3. Olahraga teratur

Banyak studi yang telah menunjukkan bahwa olahraga intensitas ringan hingga sedang dapat berpengaruh positif bagi imunitas tubuh, seperti membantu melawan patogen dari luar tubuh dan menekan pertumbuhan sel kanker. Orang-orang yang rutin berolahraga lebih jarang sakit dan memiliki tingkat inflamasi lebih rendah. Olahraga juga dapat memudarkan tanda-tanda penuaan. Apabila anda berolahraga diluar ruangan, vitamin D yang didapatkan dari sinar matahari dapat membantu asupan vitamin D yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Pastikan untuk mendapatkan paparan matahari setidaknya 15 menit sehari atau dengan mengonsumsi suplemen vitamin D 1000 IU setiap harinya.

4. Tidur cukup dan kurangi stress

Kebiasaan sehat lainnya yang dapat mengurangi potensi sakit adalah dengan memperoleh tidur 8 jam sehari. Riset menunjukkan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari 6 jam sehari lebih rentan terkena flu dan infeksi pernapasan lainnya.

Selain itu, stress juga berperan besar dalam kesehatan, terutama imunitas. Meski studi menunjukkan bahwa stress dapat memacu daya tahan tubuh, stress kronis atau berkepanjangan dapat menurunkan daya tahan tubuh dan meningkatkan potensi tertular penyakit. Contoh simpelnya adalah yang terjadi saat ini, yakni coronavirus yang sering diliput media. Apabila anda terus memikirkan masalah tersebut dan menjadi stress atau paranoid, hal tersebut justru dapat membuat anda lebih rentan terserang penyakit. Dalam usaha anda meningkatkan kekebalan fisik, sudah seharusnya anda juga meregulasi informas yang anda konsumsi untuk menjaga kestabilan mental agar tidak mudah stress atau tertekan. Stress tidak dapat menyelesaikan masalah yang anda hadapi, justru sebaliknya dapat membuat permasalahan baru yang tidak seharusnya terjadi.

5. Mengonsumsi suplemen herbal

Meskipun bukti riset yang menunjukkan bahwa kemampuan vitamin, tanaman herba, maupun suplemen dapat mengatasi penyakit menular terbatas, anda dapat mengonsumsi suplemen tersebut untuk menjaga diri dan mencegah jatuh sakit. Dari semua langkah yang telah disebutkan, poin ini tak kalah pentingnya.

Sebagai contoh, mengonsumsi air hangat dengan jahe setiap pagi dapat membantu menjaga kesehatan hati dan membersihkan racun dari dalam tubuh. Namun tahukah anda, selain itu kunyit juga berguna untuk memproduksi mucus yang berfungsi membersihkan mikroba dalam saluran pernapasan? Kunyit memiliki kandungan antivirus, antibakteri, serta anti-inflamasi yang dapat membantu anda melawan infeksi dalam tubuh, sekaligus mengurangi gejala batuk dan flu.

Rangkaian Relief Sari dari Herbana, seperti Kulit Manggis, Kunyit, Jahe Merah, Jinten Hitam, Meniran, dan Daun Kelor, menawarkan cara alami untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar dapat melawan penularan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Dibuat dari ekstrak tumbuhan alami, suplemen alami ini membantu anda mengonsumsi ekstrak tanaman herba melalui cara yang cukup simpel dan cocok bagi anda yang memiliki gaya hidup aktif.

OK
OK