DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% UNTUK PEMBELIAN MINIMUM 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 15 April 2019
Oleh: Natasha Tanga

7 Kebiasaan Sehat Yang Dapat Anda Lakukan di Tempat Kerja

BACA JURNAL

Sebagian besar dari kita merupakan penghuni kota yang sehari-hari bekerja di kantor. Kesibukan telah menjadi suatu norma, dan tidak jarang kita melupakan kesehatan. Pada jurnal minggu ini, kami telah menghimpun beberapa kebiasaan mudah yang dapat Anda lakukan sehari-hari di tempat kerja.

1. Sempatkan waktu untuk berjalan-jalan

Duduk terus-menerus dalam waktu yang berkepanjangan merupakan kebiasaan yang kurang baik bagi kesehatan. Resiko obesitas, hipertensi, serta penyakit lainnya meningkat. Selain itu, tak jarang juga rasa pegal pada punggung, pundak, leher, serta pinggul menjadi masalah. Oleh sebab itu, sempatkan waktu untuk bangun dari tempat duduk Anda dan berjalanlah; misalnya, dengan menggunakan tangga dibandingkan lift jika memungkinkan.

2. Perhatikan postur Anda ketika bekerja

Seperti telah disebutkan pada poin sebelumnya, duduk menyita mayoritas waktu di kantor, bersama dengan pekerjaan yang ada di komputer anda. Perhatikan postur tubuh Anda untuk menghindari rasa pegal yang mengganggu serta mengurangi resiko sakit pada persendian. Mengatur tinggi tempat duduk maupun penggunaan kursi ergonomis dapat menjadi solusi.

Selain itu, apabila Anda menghadap smartphone dalam jangka waktu lama, pastikan anda tidak terus-menerus dalam posisi menunduk. Hal ini dapat membuat otot leher menjadi kaku dan nyeri. 

3. Berhenti menatap layar sejenak untuk melindungi kesehatan mata

Menggunakan komputer maupun smartphone dalam waktu yang berkepanjangan dapat berpengaruh kurang baik bagi mata Anda dan menyebabkan sakit kepala, sensitivitas terhadap cahaya, serta mata kering. Usahakan untuk tidak menatap layar komputer terlalu dekat, serta jika memungkinkan gunakan filter layar untuk mengurangi radiasi cahaya dari monitor Anda.

4. Rutin minum air

Bekerja dalam ruangan ber-AC seringkali membuat kita tidak merasa haus. Padahal, kekurangan konsumsi air dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat Anda lebih sulit berkonsentrasi. Simpanlah botol air minum di dekat meja agar Anda dapat minum kapan saja.

5. Hindari makan siang dengan porsi besar dan kurangi konsumsi makanan ringan

Makan siang merupakan salah satu bagian yang seringkali ditunggu-tunggu oleh para karyawan, sambil berehat sejenak dari kejenuhan bekerja. Meski begitu, penting untuk diingat agar tidak mengonsumsi terlalu banyak makanan saat makan siang, terutama karbohidrat yang dapat membuat Anda cepat mengantuk apabila dikonsumsi dalam jumlah besar.

Selain itu, batasi konsumsi makanan ringan saat bekerja, terutama makanan manis. Ekstra kalori yang terkandung pada makanan tersebut dapat membuat berat badan anda naik dan juga cepat letih akibat gula yang terkandung. Sebaiknya, ganti makanan ringan Anda dengan buah-buahan maupun kacang-kacangan.

6. Beristirahatlah setelah pulang kerja

Kesehatan mental anda tentunya tidak kalah penting dari kesehatan fisik. Anda memerlukan waktu bersantai setelah lelah bekerja seharian, dan dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi hari esok. Oleh karena itu, batasi penggunaan gadget maupun alat elektronik lainnya agar Anda memiliki waktu untuk bersantai dan bercengkarama bersama keluarga.

7. Peroleh tidur yang cukup agar merasa segar di pagi hari

Jangan lupa bahwa kebiasaan tidur yang baik sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tidurlah setidaknya 7-8 jam sehari dan Anda dapat bangun dengan tubuh yang sehat dan pikiran yang segar. Kekurangan tidur dapat membuat Anda berpikir lebih lambat, sulit berkonsentrasi, serta kemampuan kognitif yang menurun, yang tentunya dapat menghambat performa Anda dalam bekerja.

OK
OK