DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% UNTUK PEMBELIAN MINIMUM 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 4 April 2019
Oleh: Natasha Tanga

5 Cara untuk Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

BACA JURNAL

Seperti yang telah kita ketahui, kulit merupakan organ terluas pada tubuh dan tentunya pantas mendapatkan perawatan ekstra. Udara lembab yang seringkali dihadapi di Indonesia mungkin membuat kulit lebih berminyak ketimbang kering. Namun, beberapa orang masih mengalami masalah kulit kering yang disebabkan oleh berbagai faktor, baik eksternal maupun internal. Pada jurnal minggu ini, kami akan membahas beberapa tips yang dapat anda lakukan apabila mengalami kulit kering sehingga anda mendapatkan kulit yang tampak lebih sehat. 

1. Konsumsi air yang cukup dan kurangi konsumsi kafein serta alkohol

Salah satu cara paling mudah untuk terhindar dari kondisi kulit kering adalah dengan minum air secara rutin. Akan tetapi, studi menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi air saja tidak cukup untuk memperbaiki kelembaban kulit. Meski kebiasaan tersebut tidak salah, alangkah baiknya apabila kita juga memperhatikan faktor lain, seperti mengurangi konsumsi alkohol serta minuman yang mengandung kafein. Konsumsi normal (kira-kira kurang dari 3 gelas kopi/teh sehari) mungkin tidak akan berpengaruh secara signifikan. Akan tetapi, konsumsi alkohol maupun kafein secara rutin harus dibarengi dengan minum air yang cukup agar cairan dalam tubuh tergantikan dan anda tidak mengalami dehidrasi yang dapat mengakibatkan kulit kering.

2. Batasi aktifitas di ruangan ber-AC

Iklim Indonesia yang seringkali lembab dan panas menyebabkan penggunaan AC menjadi sebuah keharusan. Meski begitu, terlalu lama menghabiskan waktu di ruangan ber-AC dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembabannya dan membuat kulit terasa kering serta gatal. Untuk menghindari hal ini, gunakan humidifier di ruangan ber-AC atau menggantinya dengan kipas angin jika memungkinkan. Langkah lain yang lebih sederhana adalah dengan menyetel suhu AC agar tidak terlalu dingin dan tetap terasa nyaman pada tubuh.

3. Kurangi frekuensi mandi air panas

Mandi dengan air panas seringkali menjadi solusi untuk meredakan keletihan setelah seharian beraktifitas. Namun, terkena air panas dalam jangka waktu yang lama dapat membuat kulit terasa kering akibat menyusutnya pelembab alami pada permukaan kulit. Terlebih lagi apabila anda terekspos pada sabun dan pembersih yang memiliki tendensi untuk membuat kulit kering. Oleh karena itu, gunakanlah air hangat yang tidak terlalu panas serta pakailah sabun dan pembersih yang lembut di kulit.

4. Makan makanan bergizi

Beberapa makanan dapat mengurangi tendensi kulit kering, salah satunya dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan secara rutin. Selain itu, makanan kaya omega-3 juga memiliki efek melembabkan pada kulit. Ikan seperti salmon dan tuna merupakan sumber makanan kaya omega-3. Selain itu, ia juga dapat ditemukan pada alpukat dan walnut. Zinc, salah satu komponen mineral yang baik untuk memperbaiki luka dan kulit pecah-pecah akibat kering dapat ditemukan pada bahan makanan seperti kerang, kepiting, daging sapi, kalkun, serta kacang-kacangan.

Vitamin juga merupakan komponen penting untuk merawat kesehatan kulit. Vitamin C contohnya, membantu pembentukan kolagen pada tubuh dan melembabkan kulit. Selain itu, vitamin A juga dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit, serta vitamin E yang melembabkan dan melawan kerusakan kulit akibat sinar UV.

5. Mengonsumsi suplemen alami

Manggis adalah salah satu tumbuhan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidannya bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat sekaligus mengurangi tanda-tanda penuaan yang disebabkan oleh radikal bebas. Catechin yang terkandung dalam manggis juga membantu mengurangi kerutan halus pada wajah, serta Xanthone yang dapat memperbaiki sel-sel kulit. Selain itu, manggis juga kaya akan vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Keyakinan Herbana akan buah ini terwujud pada Relief Sari Kulit Manggis yang sering menjadi salah satu best seller kami. Terbuat dari ekstrak tumbuhan alami, produk kami sangat bermanfaat bagi kesehatan dengan efek samping yang minim, dibandingkan dengan suplemen lainnya.

Relief Sari Kulit Manggis

OK
OK